Dberita.ID, Kab Solok — Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat, yang diketuai oleh Kepala Keasistenan Bidang Pencegahan, Adel Wahidi, bersama timnya, melakukan kunjungan lapangan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Solok pada Kamis (11/07/2024). Kunjungan ini bertujuan untuk menilai penyelenggaraan pelayanan publik di Kabupaten Solok.
Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian penilaian pelayanan publik di Kabupaten Solok. Sebelumnya, Ombudsman telah melakukan penilaian langsung ke Mall Pelayanan Publik, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Puskesmas Tanjung Bingkung, dan Puskesmas Singkarak.
Selama kunjungan, Kepala Disdukcapil, Ricky Carnova, menjelaskan bahwa Disdukcapil Kabupaten Solok selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Disdukcapil juga telah melahirkan berbagai inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan, antara lain:
– Cekatan (Cetak KTP tanpa antrian)
– Predator (Perekaman dengan motor)
– Pak-Alipur (Paket akta kelahiran dibawa pulang tanpa diurus)
– Stempel Cap Pos (Serah terima KIA dan KTP-el bekerja sama dengan PT Pos Indonesia)
– Marawa (Melayani akses dokumen dari rumah via WhatsApp)
– Marawa Nagari (Melayani akses dokumen dari rumah melalui petugas nagari)
– Anak Teladan (Penerbitan akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak melalui praktek layanan mandiri bidan)
– Semakin Sedap (Setelah menikah, semua dokumen dapat)
– Kak Tika (KK dan akta cerai siap seketika)
– Sijarla Terpadu (Sistem kejar bola)
Saling Seru (Satu link untuk semua urusan)
Aspek yang dinilai meliputi sarana prasarana pelayanan publik seperti ketersediaan fasilitas untuk masyarakat prioritas, ketersediaan standar pelayanan, media pelayanan elektronik seperti website dan media sosial, serta kompetensi pelaksana pelayanan, termasuk kepala dinas, pejabat pengelola pengaduan, petugas pengaduan, dan staf pelayanan Disdukcapil.
Penilaian yang dilakukan oleh Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat ini diharapkan dapat menjadi pemicu semangat bagi staf dan jajaran Disdukcapil dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
Sebelumnya, Sekretaris Daerah Medison, S.Sos, M.Si, menyambut langsung kedatangan tim penilai dari Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat di ruang kerjanya pada Selasa (09/07/2024). Medison berharap penilaian terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di Kabupaten Solok mendapatkan hasil terbaik dan menjadikan Kabupaten Solok sebagai yang terbaik dalam pelayanan di Sumatera Barat.
Penulis: Fit
Editor: Reza Fahlevi